Profil Kami

Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso dibangun Tahun Anggaran 1969/1970, diresmikan pada tanggal 10 Juli 1973 oleh Dirjen Pembinaan Kesehatan Departemen Kesehatan RI, Prof. Dr. Drajat Prawiranegara. Saat diresmikan, bangunan fisik telah selesai ± 15%  dari master plan, dengan kapasitas 60 tempat tidur dan 27 orang pegawai dengan nama Rumah Sakit Umum Provinsi Sei Raya.

Pada tanggal 24 November 1976, nama rumah sakit ini diubah menjadi Rumah Sakit Dokter Soedarso yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. G. A. Siwabessy. Berdasarkan tanggal peresmian tersebut, maka  pada tanggal 24 November merupakan hari yang diambil sebagai patokan yang diperingati setiap tahunnya.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 71 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso, maka rumah sakit ini ditetapkan menjadi rumah sakit rujukan tertinggi tingkat propinsi dan juga sebagai Lembaga Teknis Daerah (LTD) tipe Kelas B Pendidikan. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.03.05/III/3970/09 tentang penetapan Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak Kalimantan Barat  ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan, dalam hal ini bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.
Visi 
Menjadi Rumah Sakit Terbaik, Mandiri dan Profesional.
Misi 
a. Meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan terjangkau masyarakat.
b. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan, pelatihan,
    penelitian dan pengembangan sumber daya manusia.
c. Meningkatkan kesejahteraan pegawai.
d. Meningkatkan pendapatan guna menunjang kemandirian rumah sakit.